About my Blog

But I must explain to you how all this mistaken idea of denouncing pleasure and praising pain was born and I will give you a complete account of the system, and expound the actual teachings of the great explorer of the truth, the master-builder of human happiness. No one rejects, dislikes, or avoids pleasure itself, because it is pleasure, but because those who do not know how to pursue pleasure rationally encounter consequences that are extremely painful. Nor again is there anyone who loves or pursues or desires to obtain pain

Starter Elektrik Yamaha Scorpio - Starter Elektrik Yamaha Scorpio Ngadat? Bisa Jadi Karena Laher Starternya Rusak!

Author: Penulis/Foto: Pidav / Pidav

Bagi pemilik Yamaha Scorpio pasti pernah menemui masalah seputaran elektrik starternya. Mungkin karena termakan usia atau perangkat di sistem starter sudah tak bekerja dengan baik.

Seperti Herman Guntoro pada besutannya. "Mesin gak mau hidup pakai starter elektrik, padahal aki masih baru. Trus, sewaktu matiin mesin juga aneh, ada suara 'bledak' di bak magnet. Kenapa ya?" tanya warga Kedoya, Jakbar ini.

Menurut Eric Ariyanto dari bengkel Pit Bike (PB), ada dua faktor penyebab. "Selain umur pakai dan juga keseringan menekan elektrik starternya terlalu lama. Makanya Starter one-way assy (SOWS) atau bagian laher starternya rusak," terang Eric pemilik bengkel di Jl. Kembang Kerep No.102, Jakbar.

Waduh, mahal dong? Gak kok, cukup keluarkan kocek Rp 150 ribu untuk menebus komponen tersebut berikut jasa pasangnya. Coba bandingkan jika belanja di bengkel resmi bisa kena Rp 647 ribu. Berarti perbedaan harganya sangat jauh, selisihnya Rp 497 ribu! Padahal partnya sama-sama orisinal lo.

Gbr 1

Gambar 1


Gbr 2

Gambar 2


Gbr 3

Gambar 3


Gbr 4

Gambar 4

Nah, untuk menghemat waktu, Eric langsung memasang standar tengah di motor dan segera menyiapkan peralatannya. Yakni, kunci ring 12, T-8, T-14, L-6 dan alat khusus untuk melepas magnet yaitu treker.

Pertama, pria ini menguras seluruh oli mesin dahulu hingga habis dengan membuka baut di bawah mesin memakai kunci ring 12. Lalu, mengendurkan dan lepas ke-15 baut penahan bak kopling dan cover rantai memakai kunci T-8 (gbr.1).

Setelah bak koplingnya terbuka, dilanjutkan mencopot satu baut pengancing yang berada tepat di tengah magnet menggunakan T-14. Kemudian melepas tiga baut yang juga sebagai penahan di bagian dalam magnet dengan kunci L-6 (gbr.2).

Sudah? Berikutnya, melepas magnetnya memakai treker (gbr.3).

"Posisi SOWS ada di balik magnetnya dan bisa kita lihat pada bagian pipa sulingnya pasti ada yang grepes kasar atau halus karena bergesekan dengan rumah laher," ucapnya sambil menunjukan bagian yang rusak (gbr.4).

Tinggal ganti deh komponen yang sudah usang tadi dengan yang baru dan pasang kembali seperti keadaan semula. Pastikan lagi semua baut terikat dengan kuat.

Sumber :Penulis/Foto: Pidav / Pidav - otomotifnet.com

2 komentar:

nove said...

mas yang jual one-way stater di daerah jogja di mana ya? cz saya nyari muter2 ngak ada n'susah banget....???

Mukhtarom Ali said...

nggak tahu mas. saya aja mau beli karburator buat Pio susahnya mintak ampun.

coba deh tanya2 di setiap toko variasi. saya dl juga sering hunting gt, walhasil 2 minggu baru dapet barangnya.