Sudah dua bulan bagian karter kanan Yamaha Scorpio milik Aditya Novianto terdeteksi ada rembesan oli. "Sudah dua kali ganti paking bak kopling tapi masih ada rembesan oli," lanjut pria dari Cipinang, Jakarta Timur itu.
"Biasanya sil dan kaca pengintip oli kurang ngeplak saat proses pemasangan di pabrik, kelamaan oli rembes," lanjut Adri Brijal Hanafi alias Mas Boy yang sudah ganti sil dan kaca di lima Scorpio.
Penyebab oli rembes bisa juga pengaruh dari bak kopling yang pernah mengalami proses krom. "Bila kaca atau sil tidak dilepas saat proses krom, biasanya setelah karter dipasang oli bakal rembes," ujar Eric Arianto dari Pit Bike di Jl. Kembang Kerep, Meruya, Jakarta Barat.
Tapi, tenang! Seperangkat sil dan kaca karter milik Scoprio itu dijual kok oleh pabrikan (gbr 1). "Harganya murah, cuma Rp 45 ribuan," lanjut Erick.
Pemasangan juga gampang. Namun harus hati-hati agar kaca tidak pecah. "Lepas dulu tutup kopling dari crankcase. Lalu dari bagian luar blok mesin kaca diketok perlahan dengan benda tumpul sampai lepas," terang Mas Boy.
Buat pasang sil dilakukan dari bagian dalam karter. Sebelum sil baru dipasang, lumasi dulu seluruh bagian itu dengan oli untuk membantu proses pemasangan. "Caranya juga sama, ketok aja bagian bibir ujung sil. Gunakan alat bantu benda tumpul secara memutar sampai kaca nempel pada dudukan karter (gbr. 2)," lanjut
Mas Boy lagi.
Untuk jasa pemasangan sil setiap bengkel bervariasi. "Murah, saya cuma patok Rp 75 ribuan kok. Itu sudah termasuk sil dan kaca baru berikut ongkos pasang," tutup Eric yang owner bengkel Pit Bike itu.
Penulis/Foto : Belo/Herry Axl
(Di copy paste dari Tabloid Motor Plus, semoga berguna bagi pemilik Scorpio)
0 komentar:
Post a Comment