About my Blog

But I must explain to you how all this mistaken idea of denouncing pleasure and praising pain was born and I will give you a complete account of the system, and expound the actual teachings of the great explorer of the truth, the master-builder of human happiness. No one rejects, dislikes, or avoids pleasure itself, because it is pleasure, but because those who do not know how to pursue pleasure rationally encounter consequences that are extremely painful. Nor again is there anyone who loves or pursues or desires to obtain pain

Cara Murah Usir Goyang Di Tangki Yamaha Scorpio Z

Getaran alias vibrasi motor memang cukup besar. Maklum saja, mesinnya hanya satu silinder, apalagi kalau kapasitasnya lumayan besar, seperti pada Yamaha Scorpio yang 223 cc.

Efeknya lama-lama beberapa komponen akan terpengaruh getaran ini. Seperti Tangki bensin, sudahlah menggendong bensin, lantas menerima getaran mesin dan gerakan bodi kala melaju. Tetapi, ada cara lho usir tangki goyang alias bergetar ini.

MURAH MERIAH
Hal seperti di atas dirasakan juga oleh Eko, penunggang Scorpio 2007. Terkadang, kala berjalan suara getaran terdengar di telinga. “Termasuk saat diam saja, kalau gas diputar naik, akan terasa getarannya,” ungkap penggemar solo touring ini.

Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4

Padahal, jika dilihat konstruksinya, tangki ini sudah dirancang agar minim getaran. Seperti beberapa bagian selalu diselubungi karet sebagai peredam getaran. Seperti dudukan pada sasis (gbr.1), lantas sandaran tangki yang menempel di sasis pun terlindungi dari karet (gbr.2).

Penasaran pun muncul di benaknya. Fokus pada bagian-bagian yang dirancang agar meredam getar, ternyata di­temukan penyebabnya. Seperti pada sandaran tangki di sasis sebelah dalam tangki.


Gbr 5
Pada bagian ini sebagian karetnya aus (gbr.3), tentu karena pada satu bagian saja yang bergesekan dengan rang­ka tangki terus menerus. Agar kembali menempel pada karet yang masih bagus, ada cara murah meriah, tinggal putar saja karetnya, bagian yang aus menghadap belakang (gbr.4).

Kemudian ditemukan lagi pe­nyebab lainnya. Pada bagian tatakan belakang, terdapat lubang baut dan karet peredam sekaligus. Pada bagian tengah baut ini diselubungi karet. Nah, karet ini pun aus, bagian pinggirnya terkikis besi di tangki.

Cara mengatasinya enggak usah bu­ru-buru ganti karet baru. Tinggal cari sa­ja isolasi, lalu lilitkan pada karetnya (gbr.5) sehingga ketebalannya mirip dengan sebelumnya. Coba dulu beberapa lilitan, jika kurang lilit lagi dengan isolasinya. Mudah dan murah meriah, kan?

Penulis/Foto: Ben / Reza
*di copy paste dari Otomotif.net> semoga berguna bagi SCorpioholic

0 komentar: