About my Blog

But I must explain to you how all this mistaken idea of denouncing pleasure and praising pain was born and I will give you a complete account of the system, and expound the actual teachings of the great explorer of the truth, the master-builder of human happiness. No one rejects, dislikes, or avoids pleasure itself, because it is pleasure, but because those who do not know how to pursue pleasure rationally encounter consequences that are extremely painful. Nor again is there anyone who loves or pursues or desires to obtain pain

Scorpio Ngempos/ Hilang Kompresi


Damn, ngapain lagi nih Pio?

Well, pagi itu saya berencana servis Scorpio, karena minggu kemarin ngebul alias ngeluarkan asap putih. Saya pikir ini pasti Klepnya minta di skur/di benerin lagi. Dengan kick starter saya nyalakan, brum.. asap putih ngebul, namanya juga dah 1 minggu nggak dipakai, cuma dipanasin doang. Lhadalah, kok tiba-tiba mati. Coba kick starter lagi, lohhhh... bener-bener ngempos alias nggak ada tendangan balik. Ngelujur saja tuh kick starter. Ini pasti bermasalah sama kompresinya.

Akirnya pagi itu bersusah payah naikin si Pio yang berat ke Pick Up dan loading di Timbul Jaya Motor. Main Dealer Yamaha di Kota Kediri.

Utak-atik dari sam Bagus (mekanik langganan), melaporkan bahwa posisi per ring seher/piston Scorpio kagak pas posisinya. Posisinya saling sejajar, semestinya posisinya saling membelakangi. Posisi sejajar ini mengakibatkan oli merembes ke ruang bakar. Selain oli mesin masuk, posisi ini juga mengakibatkan hilangnya kompresi.

Tidak perlu ganti dan nggak ada yang baret pada dinding ruang bakar maupun pistonnya. Well, tinggal dibenerin lagi aja posisinya. Sekalian juga di stel klep ama yang laennya.

Jam 4 sore, setelah cek lahan ke Tulungagung saya mampir. ke bengkel, untuk melihat kondisi terakhir si Pio. Ya udah, kenapa nggak ganti sekalian seat Gear (rantai) dan Oil Filternya aja sekalian. Saya ambil deh besok sam..

0 komentar: