About my Blog

But I must explain to you how all this mistaken idea of denouncing pleasure and praising pain was born and I will give you a complete account of the system, and expound the actual teachings of the great explorer of the truth, the master-builder of human happiness. No one rejects, dislikes, or avoids pleasure itself, because it is pleasure, but because those who do not know how to pursue pleasure rationally encounter consequences that are extremely painful. Nor again is there anyone who loves or pursues or desires to obtain pain

Rantai Scorpio dan Filter Oli

Masih ada kaitannya dengan Postingan sebelumnya.

Karena memang sudah berumur tua (5 tahun), pasti ada saja kerewelan pada nih Pio. Suara kemretak/ berisik pada rantai membuat saya benar-benar terganggu, masak motor kencang suaranya ngalahin "TIGER" (buat Tigermania sorry).hahaha..

Setelah cek, memang rantai sudah waktunya diganti dengan yang baru. 1 set harganya Rp.760 .ribu. Rantai yang menunjukkan gejala minta diganti adalah yang sudah keliatan tidak pas waktu bersanding dengan sproketnya. Rantainya sudah nggak elastis lagi alias bengkok-bengkok (waduw, parah!!!)
Setelah pasang baru.. Trataaaa... suara yang muncul ketika narik kopling dan lepas gas adalah gesekan ban. alusssss..

berkaitan dengan postingan sebelumnya tentang Filter Oli.
Sekalian saja saya ganti part berharga Rp.80.000,- ini. Selain karena sudah lama tidak diganti sejak saya beli 2 tahun silam (KM.30.000an sekarang 63.000an), saya mewrasakan keanehan, karena konsumsi OLI Mesinnya 1600ml. Kalau dipaksakan pakai 1200ml sesuai yang tertera di blok mesin, mesin bakalan overheat.


*filter Oli yang sudah banyak gram/pasir besinya.

Scorpio Ngempos/ Hilang Kompresi


Damn, ngapain lagi nih Pio?

Well, pagi itu saya berencana servis Scorpio, karena minggu kemarin ngebul alias ngeluarkan asap putih. Saya pikir ini pasti Klepnya minta di skur/di benerin lagi. Dengan kick starter saya nyalakan, brum.. asap putih ngebul, namanya juga dah 1 minggu nggak dipakai, cuma dipanasin doang. Lhadalah, kok tiba-tiba mati. Coba kick starter lagi, lohhhh... bener-bener ngempos alias nggak ada tendangan balik. Ngelujur saja tuh kick starter. Ini pasti bermasalah sama kompresinya.

Akirnya pagi itu bersusah payah naikin si Pio yang berat ke Pick Up dan loading di Timbul Jaya Motor. Main Dealer Yamaha di Kota Kediri.

Utak-atik dari sam Bagus (mekanik langganan), melaporkan bahwa posisi per ring seher/piston Scorpio kagak pas posisinya. Posisinya saling sejajar, semestinya posisinya saling membelakangi. Posisi sejajar ini mengakibatkan oli merembes ke ruang bakar. Selain oli mesin masuk, posisi ini juga mengakibatkan hilangnya kompresi.

Tidak perlu ganti dan nggak ada yang baret pada dinding ruang bakar maupun pistonnya. Well, tinggal dibenerin lagi aja posisinya. Sekalian juga di stel klep ama yang laennya.

Jam 4 sore, setelah cek lahan ke Tulungagung saya mampir. ke bengkel, untuk melihat kondisi terakhir si Pio. Ya udah, kenapa nggak ganti sekalian seat Gear (rantai) dan Oil Filternya aja sekalian. Saya ambil deh besok sam..

Warung Kikil, Mojosongo, Diwek, Jombang


Mumpung puasa, gelontorin ama info Wisata Kuliner aja deh..

Jika anda melewati jalan raya Diwek, yaitu jika anda dari arah Surabaya, belok ke kiri arah Pare, sebelum Stasiun Jombang/Alun-alun Jombang. Maka sempatkanlah mampir ke Warung Kikil Mojosongo.

Di daerah Mojosongo ada beberapa warung yang membuka jualan special, yaitu Nasi Kikil khas Mojosongo. Nasi putih yang berlauk kikil dan dikasi kuah berbumbu seperti kuah asem-asem, cocok untuk berbuka puasa di bulan Romadhan kaya gini. Kalaupun tidak, masih afdol kok menikmatinya, sebab warung-warung ini buka pada malam hari, sekitar setelah sholat Maghrib sampai jam 9 malam.

Untuk harga 1 porsinya sekitar Rp.12.000-15.000,-. cukup mahal, namun sesuai dengan cita rasanya..

Kalau saya mah, berlangganan yang di seberang masjid jami' Diwek atau seberang Akper (qiqiqi, ada maksud terselubung). Cocok sebagai tempat mampir setelah Touring mingguan ke Bojonegoro-Tuban,

Warung bothok Kras. (Touring ke Tulungagung)


Namanya sudah mendarah daging, sekali ada kesempatan pasti digunakan untuk Touring.hehehe..
Nggak pakai lama, ketika bertemu teman sekantor yang ber-Area di Tulungagung di Kantin, dan ditawari untuk ikut cek lapang bersama, saya langsung mengiyakan. Lha wong cuma 1 jam perjalanan dari kantor saja loh.

Seperti biasa, setelah acara cek lapang selesai, kita wisata kuliner. Hmm, apa ya yang khas dari Tulungagung. Karena tidak menemukan tempat mampir yang pas, akhirnya kita putuskan untuk makan siang di daerah Kras, Kabupaten kediri.

Terpilihlah warung bu Misiyah yang berada di Jalan Raya Kediri-Tulungagung, tepatnya di Desa Karangtalun, Kec.Kras, Kediri. Kalau dari arah Kediri, warung ini terletak sebelah kiri jalan setelah SPBU kras. Banyak terlihat mobil yang mampir.

Menjual beraneka macam bothok, ada udang, tempe, kutuk, cumi, tongkol, tawon (kesukaan saya), rempelo ati, dll.. Buanyakkkkk.. ampe saya nggak hapal.

cukup murah, dan rasanya laggziiisssss, enak tenan..
Ndak mau banyak cerita, langsung ke TKP saja gan..

Refresh Karat di Scorpio

Batang Spion bawaan Yamaha biasa bermasalah dengan karat, jika sudah berumur lama dan sering terkena hujan. Nah, daripada nganggur, sore itu saya sempatkan untuk merefresh beberapa bagian dari Scorpio yang sudah berkarat terutama batang Spionnya.

Dimulai dengan membersihkan karat dengan amplas halus ukuran 500/1000, setelah dibersihkan dengan air dan dikeringkan, maka pengerjaan sudah bisa dimulai.

Bermodalkan Pylox warna hitam yang ada di pasaran, saya balur bagian yang sudah diamplas tadi. agar bagus, ambil jarak kurang lebih 15 cm antara sprayer dengan material yang akan dicat. Jangan terlalu tebal. tipis saja. Apabila kurang tebal dapat diulang lagi jika cat pertama sudah kering. Usahakan pengecatan dilakukan secara merata. Perasaan sangat berpengaruh disini.

Setelah beberapa kali di labur dan dirasa sudah cukup tertutup rapi bagian-bagian yang sudah mulai terserang karat tadi, saatnya di dobel sama Pylox warna clear. selain berfungsi sebagai vernish/pelindung, cat clear berfungsi untuk mengilapkan cat tadi.

Setelah benar-benar kering, pasang lagi. selesai..
Nggak terasa sudah sore, waktunya mandi trus jalan-jalan ke Simpang Lima Gumul..huahuahua..

Agustus, Jalanan mulai musim Macet


Yup, sekarang sudah mulai bulan Agustus. Apalagi yang dinanti segenap warga Indonesia kalau bukan perayaan Hari Kemerdekaan.

Di Ulang tahun ke 65 ini, rasa-rasanya segenap warga kembali bersemangat memperingatinya, itu sih menurut penilaian pribadi saya.
Berhubung sebagian besar rakyat Indonesia beragama Islam dan 11 Agustus nanti adalah hari pertama Puasa ramadhan, so acara Tujuh Belasan digeber selama minggu pertama Agustus 2010 ini.

Efeknya jelas, banyak kegiatan warga yang memaksa pengguna jalan untuk lebih sabar. Kalau nggak kena macet ya jalurnya dialihkan. Nagh, disini gunanya tau jalan alternatif alias kita bisa nyari jalan lain agar tidak terjebak kemacetan.
*lomba Gerak Jalan di kab.Jombang + penampakan Tiger revo yg dimodif ala Ducati monster (depan pickup).

Lomba yang paling mempengaruhi pengguna jalan adalah lomba gerak jalan dan karnaval. Biasanya karnaval dan lomba gerak jalan menggunakan jalan utama. Selain banyaknya peserta, berjubelnya penonton memantik keramaian di jalan-jalan yang dilewati acara tersebut.

Kalau memang mau keluar/touring mendingan pagi sekalian atau malam sekalian, dipastikan bebas dari macet.

MERDEKA!!!!!

Beda Rasa


Setelah beberapa kali gagal untuk menimati Supra X 125 R, akhirnya minggu-minggu ini si AE 6000 kembali ke pangkuan. Maklum, adik dan kakak saya masih ingin inreyen.
Langsung saja tuh motor saya ajak PP ke Madiun, Sabtu 31 Juli kemarin.

Enteng, bener-bener enteng rasanya. Maklum, biasanya kan bawa Scorpio yg sudah modif ban lebar. Secaralah, karena memang masih motor baru, suara tarikannya masih halus. Namun, kurang responsif akselerasinya bila dibandingkan dengan Scorpio.

Untuk top speed, saya baru bisa mencapai 100 kpj. Pelan sekali jika dibandingkan dengan Scorpio yang biasa lari 120-140 Kpj.

Untuk rebound shockbreakernya terasa terlalu empuk, malah membuat badan serasa terlempar jika melewati jalan yang ada gundukannya.

After all, akhirnya saya menarik kesimpulan sebagai berikut : (berdasar urutan the most).

1. Bensinnya irit sekali. jelaslah, cuma 125 cc, Honda lagi.
2. Enteng, mudah manuver, mudah parkir, mudah nyempil-nyempil.
3. Seperti kebanyakan bebek, motor ini useful sekali buat belanja atau membawa barang.

Alhamdulillah, saya nggak bakalan kerepotan lagi bawa belanjaan pakai Scorpio.